BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 26 Maret 2010

resistor 2

. Selasa, Agustus 11, 2009



Komponen Dalam Rangkaian Listrik ( Resistor ) - apa yang akan kita bahas kali ini adalah dasar dari Rangkaian listrik, setelah sebelumnya kita bahas mengenai pengukuran tahanan sekarang akan saya ajak untuk membahas lebih mendasar mengenai apa itu resistor, definisi resistor, macam macam resistor, serta parameter - parameternya. Tapi sebelum itu akan kita bahas Definisi dari rangkaian listrik itu sendiri.

Definisi & Macam Komponen Dalam Rangkaian Listrik

Rangkaian listrik adalah suatu kesatuan susunan yang terdiri dari beberapa komponen yang mempunyai maksud dan tujuan tertentu. Dimana macam dari komponen rangkaian listrik dibagi kedalam 2 janis yaitu :
- Komponen Pasif  ( Resistor, Kapasitor, Induktor )
- Komponen Aktif ( Sumber Arus, Sumber Tegangan )

Karakteristik resistor

Notasi Resistor : R
Satuan Dasar Resistor : Ohm
Simbol Resistor :

Sifat & Cara Kerja Resistor

- Resistor akan bekerja dan akan selalu mendisipasikan energi bila ada arus litrik yang mengalir melalui resistor tersebut, energi akan didisipasikan dalam bentuk panas.
- Resistor yang dirangkai seri akan bersifat sebagai pembagi tegangan
- Resistor yang dirangkai peralel akan bersifat sebagai pembagi arus

Parameter Parameter Resistor

- Definisi Resistansi Resistor : 1. Besar kemampuan resistor untuk menahan arus listrik, 2. Merupakan nilai resistor dalam ohm yang diukur pada temperatur kerja 25 derajat Celcius.
- Definisi Power Rating Resistor : Satuan nilai yang menyatakan daya maksimum yang dapat didisipasi secara Kontinyu sampai temperature 70 derajat Celcius.
- Definisi Toleransi Resistor : Suatu nilai yang menyatakan penyimpangan maksimum yang diperbolehkan / dianggap wajar dari nilai nominal ohm dalam %

Macam Macam Resistor

A. Resistor Tetap :
- Resistor komposisi Karbon
- Metal Film Resistor
- Carbon Film  resistor
- Wire Wolend Resistor

B. Resistor Variable :
- Potensio Putaran Tunggal
- Potensio Putaran Ganda
- Trimpot
- Light Depending Resistor
- Thermistor

Tabel Nilai Kode Warna Resistor

kode warna nilai resistor diatas didasarkan  pada 2 jenis penilaian resistor yaitu 4 pita / gelang resistor dan 5 pita / gelang resistor. ( Tabel Warna Resistor )

0 komentar: